Sunday 16 August 2020

Uniknya Keberagaman dalam Indonesia

Keberagaman dalam Indonesia, keberagaman ini merupakan kekayaan bangsa Indonesia yang tidak dimiliki oleh negara manapun. Bhinneka Tunggal Ika merupakan semboyan bangsa Indonesai yang berfungsi sebagai penyatu keberagaman yang ada di Indonesia.


1. Keberagaman suku bangsa Indonesia 

Indonesia memikiki 1.340 suku bangsa, Suku Jawa merupakan suku terbesar di Indonesia. Setiap suku bangsa memiliki ciri khas masing-masing. Misalnya: 

• bentuk fisik (bentuk rambut, warna kulit, bentuk mata, dan lain sebagainya). 

• bahasa daerah (bahasa jawa, bali, sunda), bahasa daerah adalah bahasa yang secara turun menurun dalam suatu wilayah. 

• adat istiadat dan kesenian daerahnya (pakaian, rumah adat, alat musik, tarian daerah, dan lain sebagainya).

2. Keberagaman ras Secara umum, ras di Indonesia dibagi menjadi 5 macam, yaitu: 

• negroid, berkulut gelap dan berambut keriting. 

• mongoloid, berkulit kuning langsat, rambutnya sedikit kaku, dan bermata sipit. 

• kaukasoid, berkulit putih, bertubuh besar, tinggi, memikiki bola mata berwarna biru, dan berambut pirang. • melayu, berkulit langsat hingga sawo matang, mata bulat, warna bola mata coklat. 

• dan ras keturunan lainnya. 



             Gambar ini merupakan salah satu contoh ras keturunan di Indonesia. Tetapi selama ia lahir di Indonesia dan mencintai Indonesia, mereka merupkan orang Indonesia.       
 
3. Keberagaman agama dan kepercayaan 

 Indonesia memiliki 6 agama dan beragam kepercayaan, semua itu tetap diakui oleh di Indonesia asalkan disesuaikan dengan Pancasila. Indonesia tetap menghargai rakyatnya, agama dan kepercayaan apapun itu. Islam, Kristen, Katholik, Hindhu, Budha dan Kong huchu merupakan keenam agama yang ada di Indonesia. Animisme dan dinamisme merupakan contoh dari kepercayaan yang diakui oleh Indonesia. 
 
 
sumber gambar : https://nusantaranews.co
 
 
 
Ini adalah beberapa contoh vidio untuk referensi tentang keberagaman bangsa Indonesia.  
 
 
 
 

 
 Dari hal ini kita bisa mengetahui bahwa Indonesia memiliki keberagaman yang luar biasa. Indonesia memiliki keberagaman yang harus dijaga dan dilestarikan. Indonesia telah memiliki keberagaman ini sejak jaman dahulu kala, tetapi kita dapat hidup berdampingan hingga saat ini. Bhinneka tunggal ika artinya berbeda beda tetapi tetap satu jua, kita hrus berusaha untuk mewujudkan semboyan negara kita Indonesia.  
Kita Indonesia dan Kita adalah Satu Kesatuan!
 
 
 
 
 
 
 
 
 
    
 

 


         

0 comments:

Post a Comment